Rabu, 23 Mac 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Indonesia & AS Perang Lawan Tuberkulosis

Posted: 23 Mar 2011 07:07 AM PDT

JAKARTA - Hari Tuberkulosis (TB) sedunia diperingati pada Kamis 24 Maret besok. Ini menjadi sebuah momen yang mengingatkan kita bahwa pasien TB memiliki harapan, bahwa pasien dapat disembuhkan dan hidup normal kembali. 


Tuberkulosis (masih merupakan masalah kesehatan dunia, dengan 9,4 juta kasus baru dan lebih dari 1,7 juta kematian pada 2009. Secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-5 di dunia dengan beban kasus TB terberat. Demikian dalam keterangan pers yang dikirim kepada okezone, di Jakarta, Rabu (23/3/2011).


Untuk mengatasi TB adalah komponen penting dalam Global Health Initiative Presiden AS Obama, yang dirancang untuk membantu negara-negara mitra untuk memperbaiki kondisi kesehatan masyarakat. 

Pemerintah AS telah menyediakan lebih dari USD4,3 miliar atau sekira Rp37,508 triliun (Rp8.723 per USD), dan Indonesia merupakan salah satu penerima hibah terbesar di dunia.


Pemerintah AS bermitra dengan Pemerintah Indonesia melalui Program TB Nasional untuk mengendalikan TB dan mencegah kasus TB kebal obat. 


Dukungan Pemerintah AS kepada Indonesia dilakukan melalui USAID dan diprioritaskan di 11 provinsi dan kabupaten yang berisiko tinggi melalui peningkatkan kemampuan diagnostik dan kapasitas laboratorium, pengelolaan obat, peningkatan akses ke pelayanan kesehatan yang berkualitas serta penguatan sistem kesehatan. 


Pasien yang menyelesaikan pengobatan lengkap dengan antibiotik selema 6-9 bulan memiliki kesempatan hidup yang lebih tinggi. Saat ini, satu-satunya cara untuk mencegah TB adalah dengan mendiagnosis dan mengobati sedini mungkin sampai sembuh. 


"Tanpa diobati, pasien TB yang akan meninggal dapat mencapai lebih dari 50%, dan bila pengobatannya tidak lengkap, maka resistensi terhadap obat dapat terjadi dan akan menghambat kemajuan usaha pengendalian TB," jelas pejabat sementera Direktur USAID Miles Toder.


USAID telah berkontribusi dalam keberhasilan penemuan dan penanganan kasus TB dan juga meningkatkan penemuan, penanganan, dan penyembuhan pasien TB kebal obat. 

Melalui dukungan USAID, lima laboratorium di Indonesia telah dapat mendiagnosa TB kebal multi obat (MDR-TB). Pada awal 2010, tidak ada pasien yang diobati dan pada Desember 2010, lebih dari 130 pasien telah mendapatkan pengobatan dan jumlahnya semakin bertambah.

Indonesia saat ini berada di jalur yang tepat untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) dalam menurunkan prevalensi dan kematian TB menjadi setengahnya pada tahun 2015. 


Meskipun demikian, terlepas dari keberhasilan Indonesia yang signifikan, tantangan masih ada untuk menangani kelompok-kelompok masyarakat yang sulit dijangkau seperti di daerah perkotaan yang kumuh dan wilayah terpencil. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

PBNU: Pemerintah Kurang Tegas Tentang Libya

Posted: 23 Mar 2011 06:01 AM PDT

JAKARTA - Krisis politik di Libya menyengsarakan rakyatnya sendiri. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai Pemerintah Indonesia kurang tegas mengenai Libya.


"Kurang tegas (sikap Indonesia tentang Libya). Saya mendorong untuk (pemerintah) lebih tegas lagi," ungkap Said Agil dalam koferensi pers LPIL di Gedung PBNU, di Jakarta, Rabu (23/3/2011).


Saat ditanya apa harapan Pemerintah Indonesia kepada Libya, Said Agil mengharapkan pemerintah ikut berperan untuk menjadi juru penengah atas konflik di Libya.


"Cobalah kepiawaian diplomasi Indonesia mempengaruhi pihak sekutu. Kita harapkan peranan Indonesia yang bebas aktif, diuji sampai dimana kemampuan diplomat kita untuk mencari jalan keluarnya," lanjutnya.


"Turut berperanlah menjadi juru penengah (krisis Libya)," tutur Said Agil.


Selain itu Said Agil mengaku bila pihaknya telah mendesak pemerintah untuk mengambil sikap yang tegas. Ketua PBNU periode 2010-2015 itu mengaku desakan itu telah dikeluarkan pihaknya dua hari yang lalu.
(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan