Khamis, 17 Mac 2011

Republika Online

Republika Online


Tiga Sungai di Depok Tercemar

Posted: 18 Mar 2011 06:00 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, PANCORAN MAS - Sebanyak tiga sungai di Kota Depok tercemar oleh limbah. Limbah-limbah tersebut berasal dari limbah rumah tangga yang tinggal di sepanjang aliran sungai.

Tiga sungai tersebut adalah Sungai Cipinang, Kalibaru 1, dan Kalibaru 2. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, Rahmat Subagio, mengatakan pencemaran sungai tersebut sudah melebihi ambang batas sungai tercemar. Penyebabnya, masyarakat di sepanjang aliran sungai sering kali membuang limbah keluarga di sungai.

"Ketiga sungai ini memang sudah melebihi ambang pencemaran. Masyarakat di sekitar banyak yang membuang sampah dan mengalirkan limbah keluarga ke sungai tersebut. Akibatnya sungai tidak dapat lagi digunakan untuk keperluan sehari-hari," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup, Rahmat Subagio, Jumat (18/3).

Pencemaran ini sudah berusaha diatasi oleh BLH dengan cara membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dengan pemakaian IPAL ini, air sungai disaring beberapa kali sehingga air sungai yang mengalir melalui saluran IPAL menjadi lebih jernih.

"Sistem IPAL yang kita pakai masih sederhana, namun setidaknya kita sudah berusaha untuk mengurangi pencemaran air. IPAL ini sudah diterapkan di beberapa sungai yang padat penduduk di Kota Depok, seperti di daerah Cimanggis," lanjut Rahmat.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

PLTN Fukushima Bangun Jaringan Listrik Baru

Posted: 18 Mar 2011 05:37 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,
Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo (TEPCO), operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang terkena gempa, mengatakan pihaknya akan mulai bekerja memasang jaringan listrik baru untuk memulihkan kerja sistem-sistem pendingin pada PLTN itu.

Ketiga reaktor di PLTN Fukushima Daiichi kehilangan kemampuan pendinginan akibat kurangnya tenaga menyusul gempa yang terjadi hari Jumat lalu dan rusaknya generator listrik darurat karena terpaan gelombang tsunami.

TEPCO tengah mengambil langkah-langkah seperti memompakan air ke reaktor-reaktor dengan menggunakan truk-truk pemompa. Akan tetapi, tidak tampak upaya pemulihan fungsi-fungsi pendingin.

TEPCO mengatakan pihaknya akan mulai membangun jaringan listrik dari kabel-kabel bertegangan tinggi di dekat PLTN Fukushima sore ini sebagai upaya memulihkan kembali pasokan listrik.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen