Selasa, 1 Mac 2011

Republika Online

Republika Online


Tersangka Kasus Insiden Ahmadiyah Cikeusik Dilimpahkan

Posted: 02 Mar 2011 06:03 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepolisian RI kembali melimpahkan tiga berkas tersangka kasus bentrok warga dengan jamaah Ahmadiyah di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Minggu (6/2). "Polri sudah melimpahkan berkas tiga tersangka kasus Cikeusik yakni S, I dan A," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam di Jakarta, Rabu (2/3).

Saat ini jumlah berkas yang telah dilimpahkan ke kejaksaan untuk diperiksa yakni delapan berkas. "Sudah delapan berkas dilimpahkan ke kejaksaan," kata Anton. Sebelumnya, penyidik telah melimpahkan berkas perkara lima tersangka berinisial M, E, M, U, dan Y ke kejaksaan.

Sementar tersangka yang ditahan yakni O, UJ, S, E, Y, M, M, U, D, AD, R dan D. Mereka dijerat Pasal 160 KUHP tentang penghasutan maupun Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan. Para tersangka ditahan dalam penyidikan dilakukan Polda Banten dibantu oleh satu tim penyidik dari Bareskrim Polri, dimana satu tim terdiri dari sepuluh orang.

Bentrokan yang terjadi tersebut menyebabkan jatuhnya delapan korban di antaranya tiga meninggal yakni Karno dan Mulyadi yang merupakan kakak beradik, warga Kecamatan Cikeusik serta seorang lainya bernama Roni, warga Jakarta. Sedangkan lima orang lainnya yakni Pipip warga Cilegon, Dias (Jakarta) Ahmad (Jakarta), Deden Dermawan (Jakarta) dan M Ahmad (Ciledug) Tangerang Selatan) sempat mendapat perawatan Rumah Sakit Rasa Asih.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemerintah tak Bisa Paksa WNI yang Bertahan di Libya

Posted: 02 Mar 2011 05:58 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah tidak bisa memaksa Warga Negara Indonesia (WNI) yang menolak kembali ke tanah air dan lebih memilih bertahan di Tunisia setelah dievakuasi dari Libya. Juru Bicara Kepresidenan Teuku Faizasyah di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu, mengatakan pada akhirnya pemerintah harus mengikuti keyakinan para WNI yang memilih bertahan di Tunisia dan menyediakan akomodasi bagi mereka.

"Pemerintah tidak bisa memaksakan kepada mereka apa yang dianggap ideal oleh pemerintah. Tetapi paling tidak mereka beralih dari wilayah konflik ke wilayah lebih stabil," ujarnya.

Menurut Faizasyah, evakuasi WNI dari Libya ke Tunisia meski tidak sampai ke tanah air sudah merupakan wujud perlindungan kepada warga karena pemerintah tetap menyediakan fasilitas kehidupan sehari-hari bagi mereka. "Bila mereka meyakini cukup selamat tinggal di Tunisia, tentunya itu hasil pertimbangan dan evaluasi," ujarnya.

Menurut dia, evakuasi WNI dari Libya pada intinya memang lebih diarahkan ke Tunisia sebagai salah satu alternatif paling praktis karena pemulangan mereka ke tanah air tidak bisa cepat dilakukan. Kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dengan pemerintah Tunisia, kata Faiza, selama ini berjalan cukup baik.

Faizasyah menjelaskan daya tampung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunisia memang tidak terlalu besar namun para staf di sana sudah terlatih mengatasi keadaan darurat berkaitan dengan kondisi politik di Tunisia yang saat ini berada pada tahap transisi. "Saat ini kan masa transisi, semua serba dilakukan secara darurat. KBRI Tunisia kecil juga memang, sedangkan jumlah mahasiswa kita di sana cukup besar. Mereka juga mengalami masa transisi di Tunisia, setidaknya ada pengalaman bagaimana mengatasi kondisi darurat," tuturnya.

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene mengatakan memang ada sejumlah mahasiswa Indonesia yang tidak ingin kembali ke tanah air dan lebih memilih menunggu di Tunisia. Evakuasi kloter pertama dari Tunisia, menurut Tene, akan tiba pada Rabu pukul 15.30 WIB di Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan pesawat komersil Emirates yang mengangkut 141 WNI dan pada pukul 21.30 WIB akan tiba lagi 50 WNI.

Sedangkan evakuasi tahap kedua telah diberangkatkan 215 WNI dari Tripoli, Libya, menuju Tunisia pada pukul 09.45 waktu Tripoli atau dini hari waktu Indonesia.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan