Sabtu, 5 Mac 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


60 Orang Tewas Dalam Pertempuran di Libya

Posted: 05 Mar 2011 06:04 PM PST

(REUTERS/Asmaa Waguih)

"Saya lihat dengan mata saya sendiri sebuah pesawat jatuh dan dua pilot meninggal."

Berita Terkait

Moskow (ANTARA News/RIA Novosti-OANA) - Pertempuran sengit terus berlangsung pada Sabtu (5/3) di kota Libya yang dikuasai pemberontak Zawiyah, 30 mil dari ibu kota Tripoli, dengan jumlah korban meningkat menjadi 60, demikian laporan Sky News.

Serangan di Zawiyah dimulai pada Jumat malam hingga Sabtu pagi oleh pasukan militer pro-Khadafi, dengan menggunakan peralatan berat artileri dan tank-tank, mematahkan pertahanan pasukan pemberontak dan berhasil memasuki kota.

Kota dengan penduduk sekitar 300.000 itu pada saat ini dikelilingi oleh kekuatan pro-Khadafi yang dilaporkan menunggu bala bantuan.

Di Benghazi, kota kedua terbesar di Libya, pasukan Khadafi diyakini menewaskan sedikit-dikitnya 27 orang setelah pemboman terhadap sebuah depot senjata.

Terinspirasi oleh pengusiran baru-baru ini terhadap rezim otoriter di Tunisia dan Mesir, penentang menuntut Khadafi mengakhiri pemerintahan 42 tahunnya.

Lebih dari 2.000 orang telah tewas dalam bentrokan yang dimulai di negara Afrika Utara itu pada 15 Februari.

Sementara itu, para pemberontak pada Sabtu mengatakan, mereka telah menjatuhkan pesawat tempur di wilayah dekat kota Ras Lanuf, Libya timur, yang pada sehari sebelumnya direbut dari pasukan pendukung Muammar Khadafi.

"Saya lihat dengan mata saya sendiri sebuah pesawat jatuh dan dua pilot meninggal, mereka terikat di kursinya dan salah satunya kepalanya pecah," kata Ahmed Haram, salah seorang pemberontak tak bersenjata.

"Pesawat itu merupakan pesawat tempur. Saya tidak bisa memastikan berapa jumlah jenazah yang ada di sana karena tubuh mereka hancur," kata seorang pemberontak, Tawfiq al Ushilia.

Sejumlah pesawat dan helikopter mengitari posisi para pemberontak pada Sabtu, dan pemberontak telah berhasil menembak mereka.
(Uu.H-AK/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Israel Serang Gaza

Posted: 05 Mar 2011 04:48 PM PST

Ilustrasi (ist)

Berita Terkait

Kota Gaza, Palestina (ANTARA News) - Pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan empat serangan ke Gaza City Sabtu malam, setelah sebuah roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke Isreal selatan, kata saksi mata seperti dikutip AFP.

Menurut para saksi mata, dalam serangan udara tersebut, sebuah pesawat tempur F16 Israel menembakkan rudal ke satu sasaran di distrik Zeitoun.

Serangan-serangan Israel tersebut terjadi setelah pihak militernya Sabtu pagi melaporkan bahwa sebuah roket ditembakkan dari Jalur Gaza menghantam Israel selatan, tapi tidak menimbulkan korban.

"Pagi ini sebuah roket ditembakkan dari Gaza jatuh di sektor barat Negev (gurun di Israel selatan), tanpa menimbulkan korban atau kerusakan," kata juru bicara militer negara Yahudi itu.

Sejak awal tahun, data tentara Israel menunjukkan lebih dari 60 serangan roket atau mortir ditembakkan ke Israel selatan.

Banyak dari serangan itu yang kemudian dibalas Israel dengan serangan udara yang menimbulkan korban.

H-AK/S008

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan