Sabtu, 12 Mac 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


88 WNI Korban Gempa Jepang Ada di Pengungsian

Posted: 12 Mar 2011 07:01 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Dua tim dari Kedutaan Besar Republik Indonesia  Tokyo tiba di penampungan SMP Sanjo di Sendai Jepang pada  13 Maret pukul 02.00 dini hari waktu setempat untuk membantu masyarakat Indonesia yang menjadi korban gempa dan tsunami di wilayah itu.

Berdasarkan keterangan resmi yang dikeluarkan KBRI Tokyo, tim telah membagikan berbagai kebutuhan pendukung seperti air mineral, tisu, antiseptik, popok bayi, makanan bayi, obat-obatan luar (obat pusing, mual). Infrastruktur di kota tersebut masih sulit untuk bisa dilalui sehingga pasokan barang-barang menuju kota belum lancar.

Terdapat 89 WNI (68 dewasa dan 21 anak-anak) yang menempati tempat pengungsian di SMP Sanjo, Kota Sendai. Pengungsian di kota Sanjo merupakan 1 dari 6 tempat pengungsian di wilayah Sendai.

Staf KBRI menyatakan WNI di tempat tersebut berada dalam kondisi baik. Menurut tim, logistik yang dibawa oleh tim cukup untuk 2 (dua) hari dan kondisi di tempat tersebut kekurangan air bersih. Penampungan tersebut tidak dialiri listrik namun di beberapa lokasi di kota Sendai aliran listrik mulai kembali normal.

Lebih dari 1.000 orang diduga tewas dalam gempa besar dan tsunami yang melanda sejumlah besar daerah pesisir Pasifik Jepang utara, kata kantor berita Kyodo, Sabtu.
(A051/C003)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gempa 6,2 SR Guncang Honshu, Jepang

Posted: 12 Mar 2011 06:54 PM PST

Lokasi gempa di Jepang dalam peta (Antara News/usgs)

Berita Terkait

Beijing (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,2 pada skala richter pada pukul 07:24 waktu setempat Ahad mengguncang daerah di dekat pantai timur Honshu, Jepang, demikian keterangan Pusat Jaringan Gempa Bumi China.

Pusat gempa, yang berada pada kedalaman 20 kilometer, dipantau berada di 38 derajat Lintang Utara dan 141,8 derajak Bujur Timur, kata pusat tersebut di dalam satu pernyataan.

Lebih dari 20 gempa kuat dan sedang telah mengguncang wilayah tersebut dalam 10 jam sampai Ahad dinihari.

Di tengah serangkaian gempa kuat dan sedang yang mengguncang lepas pantai timur Honshu sejak Jumat (11/3), reaktor No.6 di Fukushima telah kehilangan sistem pendinginnya, demikian laporan Kantor Berita Kyodo, Ahad.

Ledakan terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir No.1 Fukushima pada Sabtu, sehingga membuat panik warga. Tapi Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano, Sabtu larut malam, mengatakan pemilik dan operator instalasi bertenaga nuklir tersebut, Tokyo Electric Power Co., telah mengkonfirmasi instalasi yang menampung reaktor tersebut masih kokoh.

Menurut laporan Kyodo pada Ahad, 15 orang di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima terpajan readio aktif.

Namun, seorang pejabat di lembaga keselamatan nuklir Jepang sebelumnya mengatakan jumlah orang yang terpajan terhadap radiasi akibat peristiwa itu dapat mencapai 70 sampai 160 orang.

(C003/A016/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan